::: Assalamu'alaikum Wr.Wb. ::: Selamat Datang di blog saya. Semoga hari ini lebih baik dari kemarin ::: ROHMA DEARNI SARAGIH :::

Selasa, 25 Agustus 2020

Tips dan Trik Lulus Program Nusantara Sehat

 Assalamu'alaikum.

Selamat sore semuanya. Apoteker Dear lagi ingin menulis ini. Saya adalah Alumni dari Nusantara Sehat Individual Batch VIII 2018. Hari ini saya akan bercerita pengalaman saya diterima di program Nusantara Sehat. Artikel ini cocok untuk teman-teman yang ingin mendaftar di Nusantara Sehat.

Sebelumnya, temen-temen udah tau belum apa itu Nusantara Sehat ? Nusantara Sehat adalah program dari Kementerian Kesehatan untuk menempatkan tenaga kesehatan di daerah biasa, terpencil dan sangat terpencil yang akan disebarkan di seluruh wilayah tanah air dari Sabang hingga Merauke. Program Nusantara Sehat ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia secara merata dengan menempatkan tenaga kesehatan di seluruh daerah sesuai kebutuhan. Nusantara Sehat sendiri memiliki dua kategori, yaitu Nusantara Sehat Team Based dan Nusantara Sehat Individual Based. Perbedaan keduanya akan lebih lanjut dibahas pada tulisan selanjutnya ya. Intinya, kategori Team Based adalah kategori yang biasanya berbagai jenis tenaga kesehatan ditempatkan dalam satu paket yang telah ditentukan penempatannya oleh pihak Kemenkes. Sedangkan untuk Individual Based, jenis tenaga kesehatan ditempatkan sesuai kebutuhan Faskes dan peserta diperbolehkan untuk memilih penempatannya sesuai penempatan yang tersedia.

Baiklah, sekarang kita bahas bagaimana cara agar diterima di program Nusantara Sehat. Seleksi Nusantara Sehat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu seleksi berkas, psikotest, dan seleksi wawancara. Biasanya pembukaan program nusantara Sehat dibuka 3-5 kali dalam setahun jadi jangan bosan untuk terus mencari informasi pendaftarannya ya. Untuk seleksi berkas, dilakukan secara online. Pastikan kamu mengupload berkas kamu sesuai dengan kolom berkas yang diminta, dengan format dan ukuran file yang benar. Adapun beberapa berkas yang diminta adalah pasfoto, Kartu Tanda Penduduk, Ijazah terakhir, STR, Sertifikat-sertifikat, dll. Pastikan berkas yang kamu upload masih memiliki batas waktu yang sesuai, seperti masa berlaku STR kamu. Pada seleksi berkas, kamu tidak hanya diminta untuk mengisi biodata dan menggunggah beberapa berkas tetapi juga diminta untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam bentuk mini essai. Jadi sedikit tips dari saya untuk seleksi berkas ini, tulislah essai yang singkat dan jelas serta essai yang menjawab pertanyaan (jangan bertele-tele bahasannya), sebelum kamu menulis essai tersebut dikolom jawaban saya sarankan kamu untuk menuliskannya di Ms. Word terlebih dahulu, mengapa demikian ? karena saat kamu akan mensubmit biodata dan jawaban-jawaban kamu, terkadang terdapat beberapa kesalahan sistem yang membuatnya gagal menyimpan, nah jika terjadi hal demikian kamu tidak perlu repot-repot menuliskan ulang keseluruhan jawaban kamu, kamu hanya perlu mengcopy-paste tulisan kamu yang telah tersedia di Ms Word yang telah kamu simpan. Karena jika harus menulis ulang semuanya cukup membuat jari-jari pegel ya dan kita tidak tahu berapa kali proses tersebut dapat terulang. So, akan lebih efektif jika kamu telah menyimpannya di ms. word terlebih dahulu. Oh iya, saya hampir lupa, sebelum kamu mengisi kolom biodata, kamu harus memiliki akun dulu pastinya ya di situs www.nusantarasehat.kemkes.go.id 

Setelah kamu selesai mengupload semua berkas dan memastikan bahwa proses berkas telah selesai, kamu hanya perlu untuk menunggu hasil pengumuman di situs akun kamu.Jangan sampai kamu lupa username dan password mendaftar kamu (saya pernah lupa password saya). FYI, akun dan password kamu akan selalu berguna untuk kamu hingga purna nanti. Pengumuman hasil seleksi berkas akan diumumkan melalui akun masing-masing. Jika kamu dinyatakan lulus. Selamat, kamu berhak untuk mengikuti proses selanjutnya yaitu psikotest dan wawancara. Pengumuman untuk pelaksanaan psikotes dan wawancara juga akan diumumkan melalui situs akun kamu ya, kamu harus sering-sering untuk mengeceknya. Untuk persiapan psikotes itu sendiri, tips dari saya sebaiknya kamu persiapkan fisik dan mental yang fresh, karena rangkaian ujiannya yang cukup panjang. Saya rasa tidak perlu belajar begitu kerasnya untuk psikotes ini, namanya juga psikotest, tes untuk mengetahui kondisi kesehatan psikis dan kepribadian kita, just be honest aja. Kamu cukup mempelajari dasar-dasarnya aja, minimal kamu harus tahu apa yang harus dikerjakan saat test, jadi tidak perlu bingung saat kamu akan menghadapi soal-soalnya. Jadi intinya kamu harus siapin alat tulis yang diminta (kalau di pandemik Covid-19 ini, kamu akan menjalankan tes online secara keseluruhan, jaga kesehatan bener-bener fit, dan psikis yang fresh. Sekali lagi, layaknya psikotes-psikotes lainnya, tes yang ini dilalui dengan rangkaian waktu yang agak panjang ya.

Setelah kamu selesai melewati psikotest, kamu akan langsung mengikuti rangkaian tes selanjutnya yaitu  diskusi grup dan wawancara. Untuk diskusi grup, kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Waktu itu sya ada enam orang di kelompok dari berbagai profesi. Saat diskusi grup, kamu sebaiknya aktif ya teman-teman, jangan apatis atau cuma bengong saja, tapi jangan juga memaksakan untuk menonjolkan diri, apalagi kalau sampai tidak memberikan teman-teman yang lain kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. That's annoying guys. Usahakan kamu paham materi yang sedang didiskusikan, dan jangan anggap teman-teman kelompok kamu adalah saingan ya, mereka semua adalah teman dan rekan sejawatmu, kalian sama-sama berusaha untuk bisa masuk bersama. Saat diskusi kelompok akan ada satu orang penilai dari pantia seleksi guys, kamu jangan sampai ada perasaan terganggu dengan kehadirannya ya. 

Selanjutnya, masih dihari yang sama, kamu akan melakukan sesi interview. Di sesi ini kamu tidak lagi bersama teman sekelompokmu ya, kamu akan sendiri bersama pewawancara. Sebelum masuk ruangan pastikan  tidak ada hal yang mengganggu pikiran kalian ya (seperti, mohon maaf, ingin buang air kecil misalnya) itu akan menggangu konsentrasi kamu. Biasanya pewawancara akan menanyakan seputar kesiapan kerja kamu untuk ditempatkan ditempat terpencil, pengalaman-pengalaman kerja atau organisasi, bagaimana menghadapi masalah dan sebagainya. Jawablah dengan tenang dan pancaran mata yang mantap, tidak bertele-tele, jawab dengan jujur, tapi jangan jujur-jujur sekali ya, nanti kamu malah jadi curhat lagi. Jawablah pertanyaan dari pewawancara tanpa ragu-ragu dan sesuai, misal ketika pewawancara bertanya apakah kamu siap ditempatkan ditempat yang terpencil ? Kamu malah jawab mulai dari masa-masa sekolah kamu dulu, bakal nggak kelar-kelar dong dan jangan juga jawabannya cuma 'Ya' selain itu menunjukkan ketidakantusiasanmu, itu juga jwaban yang kurang sopan. Ingat ya, mereka tidak mewawancarai kamu seorang ya guys jadi jawablah sesuai dengan porsinya. Jangan lupa tersenyum, kalau kamu orang yang sulit untuk tersenyum, mulai deh latihan senyum ya jangan tunjukin wajah kamu yang masam itu. Hehehe.

Setelah wawancara selesai, tugas kamu tinggal berdo'a semoga kemenkes bersedia menerima kamu bergabung  di Nusantara Sehat. Kamu hanya perlu menunggu hasil pengumuman final dari semua sesi seleksi ya. Dan sekali lagi, pengumuman ada di akun kamu masing-masing. Jika kamu dinyatakan lulus ada dua kemungkinan. Kalau kamu ambil pilihan Team Based, kamu tinggal menunggu pemanggilan perbekalan. Kalau kamu pilih Individual Based kamu akan diberi pilihan penempatan yang tersedia, kamu akan diberi dua pilihan. Pilihlah dengan baik ya.

Demikian ya guys proses seleksi Nusantara Sehat dan tips dari saya sebagai alumni Nusantara Sehat berdasarkan pengalaman saya sendiri ya guys. Next tulisan, saya akan berbagi pengalaman tentang Perbekalan NS sebelum bertugas dipenepatan. See you soon. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Semoga kamu bisa bergabung di Nusantara Sehat ya teman-teman.

Find me on Instagram @dear_rohma dan @Hanya_Ada-Kata




7 komentar: